18.9.08

Cara Menyusui Bayi Setelah Melahirkan

Cara Menyusui Bayi Setelah Melahirkan :
1. Setelah bayi dilahirkan langsung lakukan IMD (inisiasi menyusu dini). Menyusu loh ya bukan menyusui. Jadi artinya biarkan bayi dengan instingnya mencari puting payudara ibu. Bayi akan merayap menghampiri puting ibu. Itulah kuasa Tuhan. Kalo lihat bayi-bayi di ruang bayi. Itu mulutnya celangopan semua mencari putting ibunya. Tapi suster malah memberikan susu botol bukan berikan ke ibunya untuk disusui. Jadi ini seharusnya tidak boleh terjadi.
2. Kemudian lakukan rawat gabung dengan. Susui setiap bayi nangis. Untuk mengurangi beban ibu. Tugas si ibu hanya menyusui saja. Untuk ganti popok dsb. Serahkan suster. Ibu juga bole belajar mengganti popok tapi tugas utamanya susui bayi.
3. Kemudian pijat payudara 2x sehari denagn 30 x 3 gerakan yang biasanya diajarkan suster. Harus minta diajari dan suster biasanya tahu caranya. Terus kompres payudara bergantian hangat dan dingin. Hangat 2 menit dingin 1 menit dan hangat 2 menit.
4. Belajar dapat perlekatan yang benar antara mulut bayi dan puting ibu. Sebaiknya ibu dan bayi belajar sendiri dengan bantuan suster tanpa ada celaan dan gangguan dari pihak keluarga. Bayi harus minum asi jadi jangan coba-coba tawari susu formula karena bayi nangis terus. Biasanya pihak keluarga seperti orang tua yang panik bayinya nangis disuruh tambah sufor. Ini sama sekali TIDAK PERLU dan TIDAK BOLEH dilakukan.
5. Seluruh anggota keluarga harus mendukung sang ibu menyusui bukan malah mencela dan mencerca yang membuat si ibu semakin stress dan asi jadi seret keluar.
6. Sebaiknya kalo belum pintar menyusui juga jangan terima tamu. Tamu juga suka menyesatkan dan memberitahukan ilmu-ilmu yang tidak benar belum lagi kata-katanya yang suka bikin down ibu menyusui. Tapi kalo tamu yang pro ASI boleh lah diterima. Harus malah untuk ikut menyemangati.
7. Makan makanan bergizi dan minum susu, yoghurt. Makan sayur daun katuk + kuahnya yang banyak. Daun papaya. Kacang kulit juga bisa memperbanyak asi.
8. Dan tidak lupa berdoa…

ditulis oleh lutvita based on experience and baca-baca...

kalo ada yang salah bole dikoreksi

4 komentar:

Erie Widiyanti mengatakan...

aku imdnya imd jadi2an mbak. jd bayinya langsung dilekatin ke putingku. habis belum ngerti sih. juga sempet kena sufor. wah masih dalam dunia kegelapan pokoknya. untungnya bidannya masih mau ngajarin cara nyusuin yg bener trus cara massage PD juga. btw, soal tamu yg suka ngasih ilmu. aku juga ngalamin. ada adiknya ibu mertua, dateng waktu mau acara aqiqah. bliau nginep di rmhku. setiap saat setiap waktu ngasih nasehat2 tentang menyusui. yg aku harus ini lah ga boleh itu lah. kebanyakan ga logis lagi. sekali dua kali masih aku dengerin lama2 aku cuekin.

orang karo mengatakan...

mba, apakah IMD itu diberikan sekali setelah si baby lahir ato setiap saat ? thanks buat info nya :)

Mami Deven mengatakan...

IMD itu kan inisiasi menyusu dini jadi setelah lahir belum diapa2in baru keluar banget dari perut ibunya langsung taruh di dada ibunya. nanti kita akan menyaksikan keajaiban si bayi merayap mencari puting ibunya. dan IMD hanya sekali saja saat bayi setelah dilahirkan itu

faiz juliantoro mengatakan...

wah informatif banget nih jeng lutvi,,,, boleh dong copas.... kalo ada rejeki dan ada lagi anugerah anak ( jadi adeknya Faiz ) Insya Allah aku bener2 tekad bulat untuk IMD....