16.3.09

Robot, Monyet, Barney, Kucing Dihukum semua ama deven..

ceritanya kan ga bole memarahin anak atau memukul bisa KDRT nanti. jadi caranya berikan reward and punishment. kalo anak berbuat baik diberi reward atau pujian jika anak berbuat salah diberi punishment dan dikasih tau kenapa dia salah dan eye level contact yang sejajar. disediakan tempat pojok hukuman. bisa disuruh berdiri disitu 1 menit aja.

nah deven udah ngerti hal ini. dia tau dimana tempat biasa dia diberi punishment baik oleh mami n yayi. di deket whiteboard tempatnya. mungkin dia pikir emang yayi ama mami aja yang selalu menghukum deven disuruh berdiri di deket whiteboard itu. dia gantian menghukum semua mainan2nya. disuruh berdiri disitu.

deven : (sambil memberdirikan robot2an, kucing2an, monyet2an). "berdiri disini, kamu lg dihukum". jangan nangis terus ya.. jangan nangis..
mami : (nanya ke yayi) ngapain itu yi si deven
yayi : iya sekarng begitu dia rajin menghukum semua mainannya disuruh berdiri disitu.

padahal deven jarang banget dihukum. karena dia udah ngerti mana yg boleh dan ngga dan ngerti semua alasan2nya. karena dia udah jarang dihukum gantian dia hukum semua mainannya yang katanya nangis terus. hihi..

5 komentar:

dizna hasan mengatakan...

hebat... kk deven pinter bgt. Btw mulai umuran berapa mba jari deven tentang pojok hukuman, di share donk mba... thx

Mami Deven mengatakan...

aku jg udah lupa kapan mulai ngajari. sejak rajin nonton nanny 911 aja. aku coba menghukum kalo deven melempar2 makanan atau maianan. pertama lucu banget mba dia ga ngerti kalo lg dihukum dia lari lagi nyamperin aku sambil nangis. aku balikin lagi, dia lari lagi aku balikin lagi ampe 3x baru dia berdiri dan nangis "maap mi maap mi". terus aku duduk sejajar ama dia mataku dan mata dia sejajar. dede lagi dihukum berdiri 1 menit karena melempar2 makanan. makanan ga bole dilempar kalo ga mau kasih mami jangan dilempar. terus aku tinggalkan lagi. dia akhirnya diem sambil berdiri. saat waktunya habis aku samperin dan dia minta salim minta maap. jangan dilakukan lagi ya de. besok2nya dia udah ga lempar2 lagi. kadang kumat tapi dia punya kata2 andalan "ga sengaja mi". tp kalo aku liat sengaja aku hukum lg. mesti liat2 deh kapan saat yang emang harus bener2 dihukum mana yang cukup dikasih tau aja. liat reaksi anak jg. langsung nurut atau ngga.

Kurnia Setyaningsih mengatakan...

Bwahaha....Kinan mah udah kenal tempat berpikir di kasur di kamar (soale kl pake pojok or kursi, dia suka ngebahayain diri sendiri).
Ntar setelah didiemin, akhirnya "Maap Dada..." n diakhiri dengan peluk cium
Tapi nakal mah teteeeepppp....iseng n jail

Mami Deven mengatakan...

kalo kata nanny ga bole dikamar. nanti dia bukan merasa dihukum tp merasa lagi main dikamar. jd ada satu tempat di luar kamar yang kita bisa awasi, kita ada dideketnya paling 2meter.. masih bisa keliatan

Kristin Halim mengatakan...

pinter-nya Kak Deven! aku juga mau coba pojok nakal ini, tapi terlalu "dini" nga yah Mbak untuk anak 16 bulan?