6.5.10

Hikmah dari sabar dan sabar

beberapa bulan lalu aku pernah marah2 sama mba yg di supermarket yg tugasnya jaga tas dan ngasih2 bonus2 belanjaan kayak beli 1 dapat 2 nah yang satunya itu ambilnya di penitipan tas. bayangkan mba-nya cuma 1 sedangkan yg antri ambil tas dan ambil si bonus itu banyak dan tanpa antrian. aku paling spaneng ama orang yang ga mau antri seperti pernah aku crita di posting yg marah2 di kondangan karena orang ga mau antri.

nah ini di supermarket udah sabar antri bayar yang panjang terus waktu mau ambil tas aja lama banget yang dilayani yang lain terus, mami udah bilang mba mau ambil tas tp si mba diam aja sambil cemberut dan tetap melayani yg lain. si mba emang udah jutek banget mukanya. akhirnya puas lah mami marah2, kalo ada antrian saya ga akan marah, ini gimana yg baru datang dilayani duluan saya dari tadi mau ambil tas ga diambil2in kalo mba kesel sama saya ga gitu caranya. mba, kalo mba kayak gitu suatu saat mba akan diperlakukan gitu sama orang dan mami minta ketemu ama managernya tp si satpam kayaknya takut si mba mah tetep cemberut dan akhirnya dibantu ama satpam si mba jutek itu disuruh melayani mami. dan mba itu melayani dengan ngedumel. padahal mami mau ketemu managernya. maksudnya bukan mau menjelek2kan si mba tapi mau bilang kalo buat line antrian dong di tempat pengambilan tas dan bonus2 belanja. dikasir udah bagus antri lha ini malah lama di pengambilan tas ga dilayan2i jd pengunjung juga punya harapan kapan akan dilayani lha kalo kayak gini bisa besok or tahun depan baru dilayani (lebay deh)

nah setelah berbulan-bulan mami ga mau lagi belanja disitu. malas marah-marah. dan belum bisa sabar. tapi terus chat ama penggemar (halah). abis binun di gmail suka diinvite terus tanya2 asi karena kebanyakan yg tanya jd lupa ini mom yang ceritanya yg mana yg anaknya sapa. udahlah sok akrab aja.. dia menceritakan bahwa dlm antrian yang ga jelas pun kita harus sabar. bahkan di toilet umum yg suka pd nyerobot pun kita harus sabar positif thinking sama orang.

dan mami kayaknya bisa terima pemikiran itu. kayaknya emang itu kuncinya biar ga spaneng terus liat antrian. akhirnya mami memberanikan diri belanja di spm tsb bersama daddy. pertama nitip tas dong ketemu si mba jutek itu dan satpam yg sama. baguslah masih ada mereka disitu brarti pintu rejeki masih terbuka untuk mereka. mami kasih tas mami ke si  mba itu. dan langsung setting hati untuk sabar dan sabar... ga dilayan2i juga terus mami sambil liat2 VCD aja disebelah penitipan tas itu dengan tetap pd fokus sabar ga usah marah. ee si satpam yang waktu itu bantuin mami menghampiri.. dan bilang "bu bawa aja tasnya gapapa" (padahal tas mami gede bisa masuk segala macam dan sebelumnya itu waktu mami masuk bawa tas itu kata satpam itu tasnya harus dititipin). "o gitu pak ya udah" masuklah mami dgn tas yg gede itu. dan si mba tetap sibuk dgn tugasnya yg emang kasian harus taruh tas dan ngambilin bonus2 belanjaan itu. harusnya kan ada 2 orang ya. 1 orang naruh tas dan 1 orang ngambilin bonus2 belanja.

berasa lulus satu ujian kesabaran. terus pas bayar dikasir lama krn ada yg belanja buat 1bulan didepan kayaknya.. daddy udah mulai gelisah. dan mami bilang "sabar dad, inilah resiko hidup di kota padat penduduk.. apa-apa antri jd sabar dan sabar. kita ngobrol aja".

dan akhirnya berakhir dengan happy ending dan makan di hokben hehe... mami bisa sabar ga lagi terpancing emosi. kayaknya mesti banyak-banyak latihan antri dan sabar nih. biar makin pakar.. karena memang hidup di kota pinggiran yang sangat padat penduduk yg mau ga mau suka tidak suka harus menghadapi antrian dimana-mana.. ga usah lagi merasa jadi tua di jalan karena macet or jadi tua di antrian yang panjang.. memang inilah hidup yg ada didepan

curhatan ga penting di pagi hari...

16 komentar:

dizna hasan mengatakan...

tfs mom,
btw beli pil anti sabar dimana ya? aku perlu nih, biar ga gampang spaneng.. :)

Fitri mamanya ZahraZaldi mengatakan...

memang betul, kalo pikiran lagi jernih pasti bisa sabar, dan hasil dari sabar pasti membahagiakan, tp kalo lagi senewen rasanya sabar itu pergi jauuh ga mau mendekat, jd kudu latian sabar yg bnyaak nih kita hehhee..

Momo Collections mengatakan...

hahahahhaha... mbak luluuu... biar gak spaneng.. hayuuuk pindah ke malang ae piye??:D

lina ni... mengatakan...

selalu diakhiri makan2 ya dek...

Mami Deven mengatakan...

enak ya mba di malang ga ada antrian yg panjang.. bener mba aku bener2 harus ilangin setting pikiran tua di antrian nih.. kayaknya emang harus tua di antrian dan di kemacetan hehehe..

Mami Deven mengatakan...

hehhe. hasil dr lulus pelajaran sabar hrs makan agak enak biar ketelen hehehe...

Magdalena Ratriani mengatakan...

hahaha...
kalau aku ya... orgnya pasrahan..
kalau kesal tetap gak bisa marah2, akhirnya malah aku yg nangis2 hauhauhauhaaaaaaaaaa....

Dwi Sugiarti mengatakan...

Belajar sabar emang perlu ya... Tapi aku sih paling ga bisa tuh Mba, kalo soal antrian ada orang nyela dan kita diem aja. Udah kejadian aku beberapa kali 'berantem' sama orang di ATM dan kasir supermarket gara2 diselak orang pas ngantri. Masalahnya, antri itu budaya, Budaya sabar dan belajar menghargai orang lain yang sudah antri di depan kita. Jadi, kalo ada orang tiba2 nyelak aku di antrian (apapun), aku pasti bakal tegor, ngomel, berantem kalo perlu, hahaha.

Kalo soal si mba di tempat penitipan tas itu sih, menurutku kasian juga ya. Itu kerjaan sepele, tapi kalo lagi hectic ya kan ga mungkin juga si mba ngapalin siapa yang dateng duluan/belakangan. Harusnya sih ditambah tuh personil di tempat penitipan tas itu...

Kurnia Setyaningsih mengatakan...

lu, belajar dr pengalaman komplain pake surat ato lbr komplain aja ke manajemennya termasuk soal kurangnya personil di titipan barang
kl ada yg nyelak sih aku tegur, sindir n akhirnya marah :)

Kurnia Setyaningsih mengatakan...

lu, belajar dr pengalaman komplain pake surat ato lbr komplain aja ke manajemennya termasuk soal kurangnya personil di titipan barang
kl ada yg nyelak sih aku tegur, sindir n akhirnya marah :)

Mami Deven mengatakan...

iya mba tdnya jg aku ga bisa. tp kok lama2 aku jd orang pemarah krn disini emang belum membudaya antri. jd kita marah2 ama orang yg ga tau kalo dia ga antri.. itu spanengnya ampe ubun2 kan. kalo marah ama orang yg tau dia ga antri masih mending.. ga tau ini PR siapa yg jelas PR bangsa kita..

Mami Deven mengatakan...

iya teh. belum punya energi untuk nulis surat n komplain. a.k.a malas hehe...

Kurnia Setyaningsih mengatakan...

ga usah pake surat lu, tuh pake lembar komplain ajah yg suka disimpan dekat kasir atau pintu masuk

Mami Deven mengatakan...

otre deh nanti aku tanya ada ga lembar komplain dan aku isi..

Kristin Halim mengatakan...

emang suka kesel sama orang yang nga mau antri, tapi kalo di kondangan susah juga sih Mbak..apalagi kalo yang nyelak uda sepuh gitu :p pasrah deh

Razannaldy Aqila mengatakan...

tante ajarin bundanaizan biar sabar tuh...